Minggu, 27 Mei 2012

Kujemput Cintanya Allah Untukku

Oleh : Mr. Nur Kholis


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum Wr. Wb. ya Ikhwatul Muslimin rahimakumullah,

alhamdulillah, kita dapat melanjutkan tips kedua "Kujemput impianku dengan alhamdulillah". Pada tips pertama kita diingatkan pentingnya untuk senantiasa mengucapkan syukur dengan memperbanyak membaca "hamdalah" terhadap impian atau keinginan kita kepada Alloh. Untuk tips kedua ini kita perlu membutuhkan tindakan nyata dalam ibadah sebagai kunci untuk memperolah keberkahan dan keutamaan hidup dari Alloh, yaitu :


2. Aku jemput cintanya Alloh untukku
     Sebagai tolak ukur seberapa besar cinta kita kepada Alloh, beberapa  pertanyaan ini yang patut kita renungkan dan hanya diri kita sendiri yang tahu serta kita harus mau bersikap jujur dan berniat kuat untuk merubah sikap kita kepada Alloh. Alloh telah mengingatkan kepada kita bagaimana semestinya cintanya seorang muslim kepada Alloh, yaitu pada surat al-Baqarah ayat 165 { وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ } Artinya : "Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Alloh SWT".

1. Apakah kita sudah benar-benar mentauhidkan (mengesakan) Alloh dalam kehidupan ini ? Atukah masih ada dalam keyakinan kita bahwa selain-Nya dapat memberikan kemanfaatan atau menghindarkan kita dari kerusakan ?

2. Apakah kita sudah menyerahkan segala urusan kita benar-benar kepada Alloh ? ataukah kita masih lebih condong untuk menyandarkan urusan kita kepada manusia ? Tatkala kita mendapati masalah dalam kehidupan ini, siapa yang pertama kali jadikan tempat sandaran atau istilah anak sekarang "teman curhat", Alloh kah? atau lebih senang dan puas curhat kepada teman dekatnya ? Apakah curhat kepada teman dekat tersebut ada jaminan bahwa masalah kita akan selesai ? ataukan sebaliknya yaitu kita tidak mendapati solusi tapi justru cemoohan atau gunjingan darinya ?

Alloh Maha Pengasih kepada semua makhluk-Nya dan Maha Penyayang kepada hamba-Nya yang dekat dengan-Nya. sehingga untuk menjemput kasih sayang Alloh kita perlu melakukan segala hal yang menyebabkan Alloh cinta kepada kita. Seperti halnya kalau kita ingin mendaptkan cintanya orang tua, tetangga, teman atau orang lain, maka kita harus rela melakukan sesuatu yang menyebabkan ia cinta kepada kita. Untuk menjemput cintanya Alloh untukku maka ada beberapa paket  ibadah yang perlu kita lakukan secara istiqamah yaitu : 
  1. Paket pertama, mari kita perbanyak istighfar kepada Alloh, karena bila Alloh mengampuni dosa-dosa kita, maka itu menjadi kunci akan bersihnya rohani kita dan menyebabkan kita semakin dekat kepada-Nya. Kita usahakan istighfar dalam 24 jam tidak kurang dari 100 kali, karena Rasulullah sendiri, hamba yang terjaga dari kemaksiatan, sudah dijamin masuk surga, tiap hari beliau beristighfar 70 - 100 kali. maka sudah sepantasnya kita beristighfar kepada-Nya minimal 100 kali dalam 24 jam. Insya Alloh urusan kita akan dipermudah oleh-Nya.
  2. paket kedua "Dirikan sholat tahajut". Kalau kita mengingingkan Alloh mengangkat derajat kita baik di dunia maupun akhirat, menginginan impian kita dikabulkan oleh-Nya, maka seyogyanya ada program dalam  hidup kita ini berupa "sholat tahajut" meskipun belum bisa setiap malam, ya minimal 1 kali dalam seminggu. Pada saat sholat inilah, kita dapat bersimpuh, sujud, bermunajah,  menangis  dan menyampaikan impian kita kepada Alloh. Alloh malu untuk tidak mengabulkan doa seorang hamba  yang bersujud dan memohon kepada-Nya ditengah-tengah hamba-Nya yang lain sedang tidur.
  3. Paket ketiga "keluarkan sedekah baik diwaktu lapang maupun sempit".  Dalam al-Qur'an, tatkan Alloh menganjurkan hamba-Nya untuk sholat tahajut, ternyata juga menganjurkan untuk menginfakkan sebagian hartanya. Sebagai petunjuk kita bahwa berbuat kasih sayang kepada sesama lewat sedekah merupakan salah satu kunci mendapatkan cinta-Nya.  Dengan kata lain, dengan kita berbuat baik kepada sesama, dengan kita bersikap kasih sayang kepada sesama, maka kasih sayang itu pada hakikatnya akan kembali kepada kita. Sebagai contoh niat kita tatkala hendah bersedekat :"Ya Alloh melalui sedekah ini, dekatkan jodoh saya yang terbaik dunia akhirat", "Ya Alloh dengan sedekah ini, .........................................................................." Ini yang disebut dengan washilat bi 'amal al-sholih, yaitu berdoa dengan perantaraan amal sholih kita. dengan perantaraan amal sholih inilah cintanya Alloh akan cepat turun insya Alloh.
  4. Paket ke empat "berbakti kepada orang tua". kita sepakat bahwa orang tua adalah orang yang didudukan oleh Alloh sebagai orang yang sangat mulia dalam dunia ini, karena perjuangannya dalam melahirkan, membesarkan, mendidik anak-anaknya tanpa pamrih sedikitpun. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya apabila kita ingin menjemput cintanya Alloh, kita bertekad untuk tidak menyakiti hati orang tua kita. Kita usahan untuk mendapat ridlo dari keduanya, bukan mendapat kemurkaanya, karena apabila keduanya ridlo atas impian kita, maka insya Alloh akan meridloinya pula. kita usahakan untuk bertutur kata santun kepada keduanya, memenuhi kehendaknya selama kehendak tersebut tidak bertentangan dengan syariah, kita mau mengurus keduanya tak kala keduanya sudah tua, tidak mampu untuk mencari nafkah dan lainnya.
  5. paket kelima "tebarlah pertolongan kepada saudara kita  yang membutuhkan pertolongan". hal ini karena sebagai kunci penting untuk meraihkan cinta-Nya. sebagaimana dalam hadis Nabi SAW yang artinya :"Alloh akan memberikan pertolongan kepada hamba-Nya selama hamba tersebut memberikan pertolongan kepada saudaranya". ini sebagai petunjuk dari Rasulullah, bahwa dalam kehidupan ini kita harussholih sosial. maksudnya kita tidak bisa hanya memikirkan kehidupan kita sendiri, sementara kita mengabaikan kebutuhan orang lain, kebutuah akan harta, ilmu, kasih sayang, bantuan tenaga dsb. Sehingga semakin banyak kita menebar kebaikan kepada orang lain, maka insya Alloh semua kebaikan itu akan segera kembali kepada kita, baik hasilnya kita dapat petik di dunia maupun di kampung akhirat.  Wallohu'alam bisshowab.
Mudah-mudahan dengan menjalankan lima paket tersebut, Alloh akan mencintai kita. Apabila Dia sudah mencintai kita, maka impian kita insya Alloh kan segera terwujud. Amin.

Nb : Artikel ini saya dapatkan dari Mr. Nur Kholis guru saya semasa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pariwisata. Beliau ini selain memberikan materi pelajaran mengenai Pariwisata dan Bahasa Inggris juga mengajarkan Pendidikan Agama Islam serta mengajarkan banyak pengetahuan hidup bagi saya dan teman-teman saya. Maka dari itu saya pun juga ingin membagikan ini kepada teman-teman blog semua.

Salam Pena,

Yetik Afriana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar